PENGARUH PENDAMPINGAN TEKNIK MENYUSUI TERHADAP PERUBAHAN PANDANGAN BUDAYA DAN KEPERCAYAAN IBU DALAM PEMBERIAN ASI DI RUANG PERINATALOGI RSUD CIBABAT - CIMAHI TAHUN 2017

  • Chatarina Suryaningsih
  • Hemi Fitriani
  • Cici Cahyani Budiarti

Abstract

Cakupan ASI di Indonesia dari tahun 2013-2015 belum mencapai target yang ditentukan sebesar 80%. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah sosial budaya yang kurang baik dalam pemberian ASI. Informasi dengan cara pendampingan adalah suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai pandangan budaya dan kepercayaan dalam pemberian ASI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Pendampingan Teknik Menyusui Terhadap Perubahan Pandangan Budaya dan Kepercayaan Ibu Dalam Pemberian ASI. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 13 pernyataan. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel sebanyak 17 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dependen. Hasil penelitian didapatkan rerata Pandangan Budaya dan Kepercayaan sebelum dilakukan pendampingan adalah 22,88 sedangkan nilai rerata sesudah dilakukan pendampingan adalah 28,00. Peningkatan nilai rerata sebesar 5,118. Hasil analisis uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh pendampingan teknik menyusui terhadap perubahan pandangan budaya dan kepercayaan ibu dalam pemberian ASI (p value=0,0001 < α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan adanya kesinambungan dalam menjalankan program pendampingan oleh tenaga kesehatan kepada ibu tentang cara menyusui.

Published
2018-03-16
How to Cite
SURYANINGSIH, Chatarina; FITRIANI, Hemi; BUDIARTI, Cici Cahyani. PENGARUH PENDAMPINGAN TEKNIK MENYUSUI TERHADAP PERUBAHAN PANDANGAN BUDAYA DAN KEPERCAYAAN IBU DALAM PEMBERIAN ASI DI RUANG PERINATALOGI RSUD CIBABAT - CIMAHI TAHUN 2017. Jurnal Kesehatan Kartika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 70-80, mar. 2018. ISSN 1907-3879. Available at: <http://repository.stikesayani.ac.id/index.php/Jurnal_Kartika/article/view/280>. Date accessed: 22 may 2019.