PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERNYANYI TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RA BAITURRAHIM CIBEBER CIMAHI TAHUN 2017

  • Nida Kania Septiarani
  • Siti Dewi Rahmayanti
  • Budi Santoso

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat bisa dimulai dengan melakukan cuci tangan. Rata-rata perilaku kebiasaan cuci tangan masih rendah dimana 3% cuci tangan menggunakan sabun, 12% cuci tangan setelah BAB, 9% cuci tangan pakai sabun setelah membantu BAB bayi, 14% cuci tangan pakai sabun sebelum makan, 7% sebelum memberi makan bayi, 6% sebelum menyiapkan makan. Pembiasan perilaku cuci tangan dapat dilakukan dengan pemberian pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dengan metode pembelajaran bernyanyi akan membuat anak menjadi lebih mudah mengingat materi yang diberikan dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pretest posttest with control group design. Jumlah sampel sebanyak 24 responden dengan tehnik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (lembar ceklis). Analisis statistik uji Man Withney test. Hasil penelitian pelaksanaan cuci tangan sebelum pada kelompok intervensi didapatkan nilai tengah 4,00 dan pada kelompok kontrol didapatkan nilai tengah 4,00 . Nilai tengah pelaksanaan cuci tangan sesudah pada kelompok intervensi 9,50 yang menunjukan pelaksanaan cuci tangan baik, sedangkan pelaksanaan cuci tangan sesudah pada kelompok kontrol didapatkan nilai tengah 4,00 yang menunjukan pelaksanaan cuci tangan kurang. Perbedaan pelaksanaan cuci tangan pada kelompok intervensi sesudah diberikan metode pembelajaran bernyanyi dan kelompok kontrol sesudah dengan hasil uji Man Withney diperoleh nilai p = 0.0001 (p < 0,05) yang menunjukan terdapat pengaruh metode pembelajaran bernyanyi terhadap pelaksanaan cuci tangan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan RA Baiturrahim menjadikan metode pembelajaran bernyanyi dengan pemutaran lagu cuci tangan sebagai salah satu program sekolah dalam upaya pembiasaan pelaksanaan cuci tangan.

Published
2018-03-16
How to Cite
SEPTIARANI, Nida Kania; RAHMAYANTI, Siti Dewi; SANTOSO, Budi. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERNYANYI TERHADAP PELAKSANAAN CUCI TANGAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RA BAITURRAHIM CIBEBER CIMAHI TAHUN 2017. Jurnal Kesehatan Kartika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 37-47, mar. 2018. ISSN 1907-3879. Available at: <http://repository.stikesayani.ac.id/index.php/Jurnal_Kartika/article/view/277>. Date accessed: 21 july 2019.