PENGARUH TERAPI MUSIK TRADISIONAL SUNDA TEMBANG CIANJURAN TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI UNIT HEMODIALISA RSUD SAYANG CIANJUR

  • Evangeline Hutabarat
  • Lilis Rohayani
  • Irma Febriani

Abstract

Gagal ginjal kronik menjadi masalah besar dunia karena sulit disembuhkan. Di dunia prevalensi gagal ginjal kronik atau ESRD Patients (End-Stage Renal Disease) pada tahun 2013 sebanyak 3.200.000 orang. Pasien gagal ginjal kronik stadium terminal harus menjalani hemodialisa secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Salah satu permasalahan psikologis utama yang sering muncul pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis yaitu cemas. Untuk mengatasi kecemasan bisa diberikan terapi secara non – farmakologi, salah satu bentuknya adalah pemberian terapi musik tradisional Sunda tembang Cianjuran. mengetahui pengaruh terapi musik tradisional Sunda tembang Cianjuran terhadap kecemasan pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di Unit Hemodialisa RSUD Sayang Cianjur. desain pre eksperimental dengan rancangan one group pre and post test design. Jumlah sampel adalah 25 responden. Teknik pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan kuesioner kecemasan State-Anxiety Inventory (SAI). Analisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu univariat dan bivariat (uji Willcoxon). Nilai mean sebelum terapi musik 43,24, nilai mean sesudah terapi musik 26,72 dan berdasarkan uji statistik Willcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata kecemasan sebelum dan sesudah terapi musik tradisional Sunda tembang Cianjuran dengan nilai mean sebelum diberiberikan nilai pvalue = 0,001 ≤ α = 0,05. Dapat digunakan untuk pengembangan ilmu keperawatan khususnya di bidang keperawatan jiwa mengenai intervensi non – farmakologi berupa teknik relaksasi dengan terapi musik tradisional Sunda tembang Cianjuran untuk penanganan gagal ginjal kronik.

Published
2018-03-16
How to Cite
HUTABARAT, Evangeline; ROHAYANI, Lilis; FEBRIANI, Irma. PENGARUH TERAPI MUSIK TRADISIONAL SUNDA TEMBANG CIANJURAN TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI UNIT HEMODIALISA RSUD SAYANG CIANJUR. Jurnal Kesehatan Kartika, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 18-28, mar. 2018. ISSN 1907-3879. Available at: <http://repository.stikesayani.ac.id/index.php/Jurnal_Kartika/article/view/275>. Date accessed: 21 july 2019.